Bayangan Kelam

Bayangan Kelam

Apasih  bayangan kelam itu ? 
Dalam kehidupan manusia begitu banyak hal bisa terjadi, meskipun itu terlihat baik-baik saja. Bahkan dalam waktu sekejap bisa berubah sehingga manusia tidak dapat menafsirkan secara gamblang, dan perlu pengamatan dan pembelajaran yang serius agar tidak salah kaprah dan salah langkah, untuk itu perlu kita cermati agar kita tidak banyak mengira atau menganggap sesuatu dengan cara yang abstrak atau dengan kata lain "seakan-akan"

Bayangan kelam yang termaksud dalam tulisan ini adalah pandangan manusia itu sendiri terhadap hal yang irrasional pada dunia sekelilingnya, manusia banyak menyimpulkan sesuatu yang belum tentu  benar adanya. Manusia itu banyak yang ketakutan terhadap masa depannya, bahkan takut dengan bayangannya sendiri.
Sehubungan dengan ini, maka manusia begitu luput pada persoalan-persoalan yang terjadi, manusia lupa akan kehidupan sosialnya, manusia lupa akan pentingnya perjuangan bersama, manusia lupa dan bahkan ambigu terhadap ketertindasannya sediri. inilah yang dimaksud dengan bayangan kelam, ketika mereka yang sudah jelas-jelas tertindas tapi hanya mengeluh pada sesuatu yang tidak logis, dan mengesampingkan apa yang harus dilakukan, melupakan sejarah kekurangan yang ada pada pendahulunya dalam berjuang, sehingga semakin tertindaslah ia. Bayangan kelam sendiri mendiskripsikan tentang masa depan yang suram, masa depan yang sudah sangat jelas merugikan, dan yang terlebih parah lagi  ketika harus memerangi saudara sendiri, keluarga sendiri, dan kawannya sendiri.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Zhend Guevara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger